Segel Tangan - MeiTachi
Baca Artikel Terbaru :
Home » » Segel Tangan

Segel Tangan

Ditulis oleh Diandra Linda Putri P., pada hari Jumat, 30 Maret 2012 pukul 14.04.00

Jiraiya membuat segel tangan - Burung
Segel (印, In; Inggris TV "Hand Sign") digunakan untuk melakukan banyak ninjutsu, genjutsu, dan tekhnik rahasia lainnya selain taijutsu. Jumlah chakra yang digunakan untuk mengeluarkan sebuah teknik yang akan dipakai dimanipulasi melalui segel tangan. Ada urutan yang berbeda dari segel tangan ini untuk setiap teknik, perlu dihapalkan seperti pelajaran sekolah.

Sebuah teknik mungkin memerlukan beberapa segel tangan untuk digunakan, tapi bagi seorang ninja yang terampil dapat menjadikan segel tangan ini lebih sedikit atau bahkan menggunakan tekhnik yang sama yang membutuhkan banyak segel hanya dengan satu segel saja. Contoh dari ini adalah Suiton: Suiryūdan no Jutsu, yang membutuhkan total 44 segel tangan untuk mengaktifkan, tapi Tobirama Senju, Hokage Kedua, hanya perlu menggunakan satu segel tangan untuk menggunakan tekhnik ini. Pada kenyataanya, di bagian II, Sasuke Uchiha telah berhasil menguasai Chidori ke level dimana dia tidak membutuhkan segel tangan satupun untuk menggunakan jurus ini.

Meskipun jarang, mungkin ada shinobi yang dapat melakukan segel tangan hanya dengan satu tangan. Shinobi yang bisa membentuk segel dengan satu tangan sampai sekarang baru Haku dan Guren.


Segel Tangan Dasar


Ada dua belas segel tangan dasar, masing-masing diberi nama binatang dari zodiak China.


Burung (酉, Tori)
Babi Hutan (亥, I)
Anjing (戌, Inu), segel tangan ini terkait dengan Hyōton dan dengan Fuuton milik Danzō.
Dragon (辰, Tatsu)
Sapi (丑, Ushi)
Harimau (寅, Tora), segel tangan ini terkait dengan Katon.
Ular (巳, Mi), segel tangan ini terkait dengan Doton dan Mokuton.
Tikus (子, Ne), segel tangan ini terkait dengan Teknik Bayangan khusus dari klan Nara.
Kuda (午, Uma)
Monyet (申, Saru)
Kelinci (卯, U)
Domba (未, Hitsuji)


Segel Tangan Lain

Selain dua belas segel tangan dasar, ada segel tangan unik yang digunakan untuk teknik tertentu. Segel tangan ini jarang terlihat, dan dapat dianggap khas dengan teknik tertentu.

Segel Klon
Segel ini paling sering dikaitkan dengan jurus membuat klon menggunakan teknik seperti Kage Bunshin, jurus turunannya, dan Teknik Klon Kayu Berganda, terpisah dari dua belas segel dasar, di mana jari telunjuk dan jari tengah dari kedua tangan disilangkan. Segel tangan ini juga digunakan dalam melakukan Suiton: Suikōdan no Jutsu.

Tepukan Tangan
Ini lebih merupakan permulaan sebuah teknik, bukan segel tangan di mana pengguna hanya mengepalkan tangan mereka bersama-sama sebagaimana dicontohkan ketika Naruto Uzumaki misalnya memanggil/mengumpulkan chakra atau mencoba melepas pengaruh genjutsu. Segel tangan ini biasanya berada di urutan terakhir segel tangan untuk memanggil Kinjutsu kuat seperti Kuchiyose : Edo Tensei dan Shikki Fujin. Sama juga dengan Jiraiya saat mempersiapkan diri untuk memasuki Sage Mode (memanggil Fukasaku dan Shima) dengan melakukan gerakan ini dan menjaganya selama beberapa saat. Gerakan ini juga digunakan untuk melakukan teknik Chibaku Tensei. Setelah urutan segel selesai, tangan pengguna diletakkan di posisi ini sampai efek yang diinginkan tercapai.

Menepuk Permukaan
Teknik ini digunakan seperti saat Kuchiyose, ini lebih bisa dikatakan sebagai gerakan memulai sebuah teknik daripada sebuah segel tangan. Pengguna menekan tangan mereka ke permukaan yang akan dipakai dengan sebuah jurus tertentu.

Segel Haku
Segel ini digunakan untuk jurus Sensatsu Suishō milik Haku, sangat berbeda dari dua belas segel dasar, dan juga dilakukan dengan satu tangan.

Harimau Silang 
Makyō Hyōshō milik Haku dapat dilakukan dengan segel khusus ini, yang menyerupai Segel Harimau dengan jari tengah menyilang jari telunjuk. Menariknya, Orochimaru juga menggunakan segel ini ketika memberikan Ten no Juin pada seseorang.

Jin Seal 
Ini adalah salah satu dari ketujuh segel yang digunakan dalam teknik normal, namun bukan salah satu dari dua belas segel dasar. Segel "Yang Water" (壬, Jin) digunakan dalam teknik seperti Suiton: Suiryūdan no Jutsu dan Yashiro no Fūin . Dalam anime, segel ini dibentuk mirip dengan segel Anjing, tapi tangan kiri berada di bawah kanan, dan telapak tangan kiri menghadap ke atas.

Segel Lima Elemen 
Fūinjutsu Gogyō Fūin  digunakan oleh Orochimaru menggunakan suatu segel khusus, yang terdiri dari ibu jari kedua tangan sedikit menyentuh satu sama lainnya, dengan telunjuk kiri dan jari tengah kiri dan jari telunjuk kanan diangkat, dengan telunjuk kanan menyentuh jari tengah kiri. Jari manis kiri ditempatkan di atas jari manis kanan, dengan kedua jari kelingking dan jari tengah kanan dilipat ke bawah (seperti segel Sapi di tangan kiri). [9]

Segel Akimichi 
Klan Akimichi menggunakan segel tertentu dalam Baika no Jutsu mereka, yang juga menyerupai segel Burung dari pandangan depan. Namun, dikonfirmasikan bahwa ini adalah segel yang berbeda dari segel Burung telah terlihat dari samping dalam teknik seperti Suiton: Suiryūdan no Jutsu dan Kage Nui no Jutsu. Telunjuk dan jari kelingking diberdirikan, jari tengah dan jari manis masing-masing dilipat di atas tangan yang lain dan saling bertautan satu sama lain, dan kedua ibu jari yang ditekan dibagian ujung ibu jari. Dalam anime, ada beberapa "variasi" untuk segel ini, mungkin sebuah kesalahan. Kadang-kadang, dibentuk seperti setengah Harimau, dengan jari-jari kelingking juga terangkat. Di lain waktu, segel ini terbentuk lebih mirip dengan cara untuk segel Burung terbalik, dengan telunjuk dan jari kelingking terangkat, dan dengan ibu jari, jari tengah dan jari manis yang dilipat dalam dan menempel satu sama lain. Segel ini sangat kontroversial, karena segel ini digunakan sebagai pengganti segel Burung beberapa kali di anime atau movie, kemungkinan itu adalah sebuah kesalahan. 

Segel Tekhnik Pikiran
Klan Yamanaka menggunakan segel yang berbeda untuk mengaktifkan teknik mereka, seperti Shintenshin no Jutsu dan Shinranshin no Jutsu. Segel lain digunakan untuk melepaskan Shintenshin no Jutsu dan kembali ke tubuh aslinya. Segel ini berbentuk jari kedua tangan diluruskan dan menyilang ke "X", mirip dengan segel Burung (namun bukan "+"), tapi tanpa tengah kiri dan jari manis ke bawah.

Segel Konfrontasi
Segel Konfrontasi (対立 の 印, Tairitsu no In), yang terlihat seperti setengah segel harimau/domba, adalah simbol dari memulai pertarungan dan merupakan tanda universal dari pertarungan antar shinobi. Segel ini merupakan setengah dari segel yang dapat digunakan untuk mengaktifkan ninjutsu. Gerakan ini sering digunakan untuk mengkonsentrasikan chakra, dan shinobi banyak terlihat meenggunakan teknik dasar maupun tekhnik kompleks setelah membuat segel ini. Deidara juga sering menggunakan ini ketika ia meledakkan tanah liat peledak nya dan Sai menggunakannya untuk mengaktifkan Choju Giga. Patung Madara Uchiha dan Hashirama Senju di Lembah Akhir keduanya membentuk Segel konfrintasi ini sambil saling berhadapan.

Segel Rekonsiliasi
Segel Rekonsiliasi (和解 の 印, Wakai no In) tidak digunakan dalam pertempuran atau dalam sebuah teknik, segel ini digunakan dalam akhir pertarungan Shinobi sebagai tanda bahwa dua shinobi yang bertarung masih berteman setelah pertarungan.

Segel Sōjasōsai no Jutsu
Sebuah segel tangan yang melibatkan pengguna dan musuh yang digunakan dalam Sōjasōsai no Jutsu.

Segel Aktivasi Mangekyo Sharingan 
Segel ini adalah salah satu segel yang digunakan untuk mengumpulkan dan memfokuskan chakra, ini digunakan oleh Kakashi dalam pertempuran pertamanya dengan Deidara, ketika ia mengaktifkan Mangekyo Sharingan untuk menggunakan Kamui untuk pertama kalinya. Segel ini berbentuk seperti segel Harimau, kecuali dengan ujung telunjuk ditekankan satu sama lain, membentuk bentuk rumah di titik fokus pandangan si pengguna. Ketika Kakashi menggunakannya, dia diposisikan tepat  di depan mata kirinya.

Segel Ular Sasuke 
Sasuke menggunakan segel ini, segel yang mirip dengan segel Akimichi, dalam pertempuran dengan Deidara, ketika ia menggunakan Sen'eijashu atau Jagei Jubaku. Seperti segel Akimichi, teknik ini juga membuat kontroversi karena mirip dengan segel Burung, dari depan akan tampak sama. Namun, jika dilihat dari samping, segel ini dan segel Burung pada jurus Suiton : Suiryudan no Jutsu dan Kagenui no Jutsu adalah segel yang berbeda.

Segel Hirudora 
Segel ini digunakan di dalam Hirudora. Segel ini tidak melepaskan chakra, melainkan menyimpannya di dalam tubuh untuk digunakan sebagai energi dan kekuatan. Hal ini menciptakan sebuah ledakan energi yang bukan merupakan badan chakra. Segel ini sebenarnya didasarkan dari salah satu segel asli Kuji-jin, segel Outer Lion. Dalam hal ini, tangan pengguna membentuk seerti segel harimau. Jari-jari telunjuk ("mata" Harimau) mengeluarkan cahaya hijau dengan keringat hijau menguap dari seluru tubuh pengguna (hasil melepaskan Gerbang Ajaib). 

Hiu besar Bullet Seal 
Suiton: Daikōdan no Jutsu milik Kisame membutuhkan segel ini. Perbandingan dengan segel Hirudora Guy, yang sama sama menyerupai harimau adalah pada segel ini tangan dorong kedepan tapi dengan kedua tangan merapat di pergelangan tangan dengan tangan kanan di atas kiri. Jari-jari juga dilipat sedikit mirip gigi hiu. Penempatan keseluruhan dari tangan pengguna saat melakukan segel ini menyerupai ikan hiu dengan rahang terbuka.

Segel Tangan Hoshigakure 
Kujaku Myōhō milik ninja Hoshigakure menggunakan segel tangan ini. Segel tangan yang menempatkan jari telunjuk dan jari tengah ke bawah dan saling merapat, dengan jari telunjuk kanan dan kelingking menyentuh bersama untuk membentuk sebuah lengkungan. Segel ini terlihat mirip dengan Segel Burung dari depan, tetapi sebenarnya segel ini berbeda dari sudut yang berlawanan.

Segel Byakugan dalam Anime 
Dalam anime, beberapa segel tertentu terlihat untuk membantu dalam pengaktifan byakugan. Kebanyakan merupakan adalah 12 segel dasar, tetapi beberapa yang berbeda. Dalam manga, segel ini memang digunakan beberapa kali, tapi tentu saja, segel ini tidak dapat terlihat dengan detail.

Segel jurus Suiton: Suijinheki 
Dalam anime, segel khusus ini digunakan sebagai pengganti segel yang terlihat di manga untuk jurus Suiton: Suijinheki.

Segel Jubaku Mandara milik Klan Fuma 
Dalam anime, klan Fūma menggunakan segel tangan ini untuk teknik rahasia mereka, Jubaku Mandara.

Segel Kristal Guren yang tidak diketahui
Beberapa segel yang "tidak diketahui" digunakan dalam jurus milik Guren, Crystal Release: Crystal Encampment Wall.

Segel Torunēdo Raitoningu  
Di Naruto Movie 2: Legend of Stone Gelel, Ranke menggunakan segel tangan yang tidak dikenal untuk mengaktifkan Torunēdo Raitoningu-nya. Namun, mengingat bahwa baik dia maupun rekan-rekannya tahu apa itu chakra, teknik ini tidak mungkin sebuah ninjutsu, dan "segel tangan" nya kemungkinan hanya merupakan gerakan serangan saja.

Segel Tangan Monster Tanah 
Dalam Naruto: Shippūden Movie, shinobi dari Negara Monster menggunakan segel yang unik yang tidak pernah terlihat digunakan oleh shinobi lain di sepanjang cerita.

Segel Kage Kagami Shinten no Hō 
Taruho menggunakan Kage Kagami Shinten no Hō, yang menggunakan segel tangan seperti:
  • Harimau, tetapi dengan jari kelingking ditekan ke dalam, 
  • Harimau/Domba dengan tangan kiri, dan tangan kanan dengan ibu jari mengarah keatas "meninju" tangan kiri
  • Babi Hutan, tetapi dengan tangan kiri menunjuk ke atas,
  • Tangan kanan menghadap ke bawah di atas tangan kiri, tangan kiri menghadap ke atas dibawah kanan; jari telunjuk setiap tangan dan jari tengah dilipat, dan jari manis serta kelingking lurus.
Segel Tangan Yashiro no Fūin
Yashiro no Fūin digunakan oleh Shion (Yomi juga digunakan teknik dengan mengulangi nama segel ini, meskipun ia hanya mengarahkan telapak tangannya ke depan) menggunakan sejumlah banyak segel yang berbeda dengan nama yang berbeda dari segel segel dasar, sebagai berikut:
  • Hatsu: telapak tangan kanan menghadap ke depan, ujung jari mengarahkan ke kanan
  • Jin: Tangan kanan Harimau/Domba menghadap ke bawah, ditempatkan di bawah mata menunjuk ke arah kiri
  • Kai: tangan kanan Harimau/Domba, mengarah ke atas dengan lengan lurus, menghadap ke depan.
Setelah menyelesaikan tiga segel pertama, Shion mulai melayang, cahaya segel menyala, penghalang terbentuk di sekitar segel, dan bola di dalam segel bergerak di sekitar lingkaran. (Yomi tidak gharus melakukan ini.)
  • Min: Kedua telapak tangan didorong ke depan, ujung jari menunjuk sekitar 45 derajat ke atas / maju 
  • Shin: Kedua telapak tangan saling menekan (seperti bertepuk)
  • Gan: tinju Kiri "meninju" telapak tangan kanan
  • Reppyō: "Rep" tampaknya identik dengan segel Ular / Segel Bumi. "Pyo" Setiap tangan dalam setengah Harimau/Domba, lengan terlentang dengan ujung jari mengarah ke depan
  • Shōzen: Kedua tangan berapit, kiri diatas kanan; terlihat mirip dengan segel Tikus
  • Mika: Sepertinya identik dengan Min
  • Dan: Setiap tangan berputar di sekitar satu sama lain ke bentuk segel Harimau/Domba, tangan kanan di belakang kiri
  • Raku: tangan kiri diangkat menghadap ke bawah dengan jari tengah dan manis dilipat dan telunjuk dan jari sedikit lurus menunjuk ke arah telapak kiri, tangan kanan didorong ke bawah menghadap kebawah dan menunjuk ke depan
  • Sho: telapak kiri menghadap ke bawah di depan dengan ujung jari menunjuk kekanan, kepalan tangan kanan memukul telapak tangan kiri dari bawah
Setelah menyelesaikan 9 segel, tablet batu di kuil akan muncul di depan Shion.
  • Fu: menahan Sho 
  • Sai: menahan Sho
  • Dan: menahan Sho
  • Gika: menahan Sho
  • Ragu: tangan kiri menunjuk secara diagonal ke atas / kanan 45 derajat, jari tengah kanan dan jari manis kanan melipat, telunjuk kanan dan jari kelingking kanan lurus sedikit diagonal keatas/kekiri dan ditempatkan di depan lengan kiri
  • Bagi: telapak kanan menghadap ke kiri dengan ujung jari mengarah ke atas di depan pengguna, lengan kiri di belakang segel tangan kanan dan tangan kiri ditempatkan di atas siku kanan
4 segel pertama ini tidak terlihat dan mungkin dia hanya berteriak nama nama segelnya saja sambil membentuk segel "Sho". Untuk Yomi tidak menggunakan 6 segel terakhir.

Segel Ranton Hiruko
Di Naruto Shippūden 3: Inheritor of The Will of Fire, Hiruko menggunakan segel khusus untuk Ranton: Raiunkōha, yang menyerupai Harimau, tetapi hanya dengan jari tengah yang terangkat.

Segel Doton: Retsudo Tenshō 
Ketika Sumashi menggunakan Doton: Retsudo Tenshō, ia menggunakan segel khusus yang dibentuk oleh lengkungan tangan kiri dan merubahnya sehingga menghadap tanah dan menempatkan tangan kanan di sebelahnya, dengan telunjuk dan jari tengah terangkat.

Trivia

  1. Dalam anime, seorang kunoichi yang bernama Hanare bisa menggunakan teknik membaca pikiran yang yang dilakukan dengan gerakan matanya dengan melakukan "weaving seal" (gerakan gerakan tertentu) dengan mata kanannya. Bagaimana dia melakukan ini persisnya tidak diketahui. Tapi tekhnik ini bukan dojutsu / kekkei genkai, karena dapat di-copy dengan Sharingan oleh Kakashi. 
  2. Dalam opening Naruto Shippūden kesepuluh, Naruto, Sakura, dan Sai melakukan teknik menggunakan segel yang dibuat dengan tiga tangan, sampai saat ini belum disebutkan apakah ini benar benar bisa digunakan dalam manga/animenya. 
  3. Dalam Buddhisme, segel tangan disebut mudra (मुद्रा) dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari, juga dalam praktik keagamaan dan bahkan dalam tarian. Mungkin Mudra yang paling terkenal disebut "namaste".
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Setelah membaca, silahkan tinggalkan Jejak Kaki anda disini.
Arigatouttebayo!!!!!!!!

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MeiTachi - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger